Management


Dalam bahasa Inggris anda mengenal kata-kata density, dullness (also dulness), obtuseness; brainlessness, folly, foolishness, idiocy, imbecility, mindlessness, silliness, simplemindedness, simpleness, stupidity, witlessness; illogic, irrationality, unreasonableness, unsoundness; craziness, insanity, lunacy, madness; preposterousness, senselessness, silliness, zaniness yang berlawan kata-kata dengan wisdom atau bijak atau bijaksana. Namun Anda juga bisa melawan kata-kata itu juga dengan management: man-age-ment. Dengan demikian, manajemen pada dasarnya juga memiliki makna bijak atau bijaksana: wisdom, the ability to understand inner qualities or relationships. Demikian pula kata-kata  ignorance, inexperience, innocence, nescience, unfamiliarity dapat pula dilawan dengan kata wisdom: a body of facts learned by study or experience, yang dapat juga diwakili dengan kata management. Lebih jelasnya, kebijakan atau kebijaksanaan membutuhkan keputusan dan selanjutnya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, komunikasi, motivasi, serta pengendalian. Untuk itu management adalah perangkatnya.

Manajemen merupakan istilah yang populer, banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti usaha, pemerintahan, rumah tangga, maupun kemasyarakatan pada umumnya. Manajemen tidak terbatas “hanya” pekerjaan para manajer. Nyaris semua orang tak lepas dari manajemen. Manajemen membantu dan mengarahkan berbagai upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Manajemen adalah alat kebijakan atau kebijaksanaan. Menurut Koontz “Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui dan dengan orang-orang dalam kelompok terorganisir secara formal. Manajemen adalah seni menciptakan lingkungan di mana orang dapat melakukan dan individu dan dapat bekerja sama terhadap pencapaian tujuan bersama”. Menurut Taylor “Manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya dan melihat bahwa hal itu dilakukan dalam cara terbaik dan termurah”. Manajemen mengarahkan upaya-upaya menuju pencapaian tujuan bersama yang telah ditentukan. Ini adalah proses bekerja dengan dan melalui orang lain untuk secara efektif mencapai tujuan bersama secara terorganisasi agar efisien dalam menggunakan sumber daya yang terbatas di lingkungan yang terus berubah.

Manajemen melibatkan lingkungan internal dan eksternal. Manajemen dalam lingkungan internal berperan mengalokasi sumberdaya terbatas yang dimiliki organisasi agar penggunaannya dilakukan dengan cara sebaik-baiknya.  Merupakan tanggung jawab manajemen untuk menciptakan kondisi yang kondusif agar semua pihak melakukan upaya maksimal dalam menjalankan tugas secara efisien dan efektif.  Manajemen yang baik mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien. Manajemen dalam lingkungan eksternal berperan mengalokasi sumberdaya dalam masyarakat yang juga terbatas pada penggunaan yang sebaik-baiknya.  Merupakan tanggung jawab sosial orbaginasi untuk menciptakan situasi kondusif agar semua pihak ekternal sebagai bagian dari masyarakat melakukan upaya maksimal dalam memanfaatkan sumberdaya dalam masyarakat secara produktif dan berkelanjutan.  Manajemen yang baik mencapai tujuan dengan menggunakan sumberdaya secara produktif sambil memperbaiki ketersediaan sumberdaya dalam lingkungannya.

Manajemen lazim difahami dalam berbagai dimensi, antara lain:

  1. Manajemen sebagai Proses
  2. Manajemen sebagai Ilmu
  3. Manajemen sebagai Seni
  4. Manajemen sebagai Profesi http://www.managementstudyguide.com/management_profession.htm”
  5. Manajemen sebagai Disiplin “http://www.managementstudyguide.com/management_discipline.htm”

Management << Manage + ment << Man + age + ment << Manus

MANAJEMEN secara umum membahas konsep, proses dan penanganan pencapaian tujuan bersama  bagi perorangan, perusahaan maupun organisasi pada umumnya.

Konsep manajemen …

Proses manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian.  Namun, sebelum membahas hal-hal dasar tersebut, sebelumnya akan diperkenalkan lebih dulu pengertian dan perkembangan manajemen sebagai suatu ilmu, seni, dan disiplin.

Penerapan manajemen …

Management, basically consisting:

1. Leadership
2. Systems
3. Culture and Institutions
4. Responsibility

<h1>Tanggung Jawab Sosial Perusahaan</h1>

Tanggung jawab sosial dewasa ini dipandang bukan hanya urusan pemerintah, melainkan juga perusahaan.   Tanggung jawab pengentasan masyarakat dari kemiskinan, misalnya, bukan hanya pemerintah yang harus berperan besar. Perusahaan juga dituntut tanggung jawab sama. Tanggung jawab sosial patut dibebankan juga kepada perusahaan disebabkan praktek perusahaan tidak hanya menyangkut aspek ekonomi, melainkan juga sosial dan lingkungan.  Perusahaan niscaya merupakan pengguna <em>external resource </em>dan oleh karena itu<em> </em>memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan.  Oleh karena itu wajar, perusahaan diminta komitmen  untuk bertanggungjawab atas risiko dampak negatif yang ditimbulkan baik secara sosial maupun lingkungan. Tanggung jawab sosial perusahaan (<em>corporate social responsibility, CSR</em>) merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik bersama <em>stakeholder </em>terkait, terutama masyarakat di sekeliling perusahaan beroperasi.

Pengenalan konsep CSR penting untuk mendorong pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan bagi terciptanya keseimbangan pembangunan dari sudut pandang ekonomi, sosial maupun lingkungan. Perusahaan selain merupakan organisasi pelaku ekonomi, juga tidak lepas sebagai organisasi sosial yang beroperasi dalam lingkungannya.  Perusahaan dapat maju dan berkembang hanya bila secara harmonis berkembang bersama masyarakat sekitar perusahaan.

Penegakan komitmentanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia mula-mula didorong oleh Pemerintah yang menuangkannya dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 316/KMK 016/1994 tentang Program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Melalui kebijakan itu BUMN diwajibkan untuk turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan cara menyisihkan sebagain dari laba perusahaan.  Kebijakan tersebut kemudian diperbaharui dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara no. Kep-236/MBU/2003 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Dalam pelaksanaan inisiasi CSR yang diwajibkan kepada BUMN tersebut, sampai kini belum sepenuhnya menginspirasi semua perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosialnya. Masih banyak perusahaan menganggap CSR sebagai sebuah pemborosan, karena anggaran perusahaan terserap untuk kegiatan yang tidak berhubungan langsung dengan upaya memperoleh laba,  Penyelenggaraan CSR tidak sedikit yang terindikasi sebagai praktek pencitraan yang<em> </em>mendahulukan program-program yang bisa dilihat langsung oleh publik dibandingkan sebagai kegiatan yang secara substansial dianggap penting.

Indikasi negatif dari pelaksanaan CSR juga muncul bila program tidak termanfaatkan oleh masyarakat dengan baik. Misalnya, bantuan finansial yang didapat oleh masyarakat, justru tidak dipergunakan untuk kepentingan modal usaha, melainkan untuk memenuhi kebutuhan lain. Hal ini berujung pada tidak meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat, yang tampak jelas pada gejala tidak menurunnya angka kemiskinan.

Dengan berbagai indikasi negatif pelaksanaan CSR, timbul pertanyaan, bagaimana perusahaan seharusnya melaksanakan program CSR? Apakah diperlukan pendekatan khusus untuk mengimplementasikan pertanggungjawaban sosial perusahaan?

MANAGEMENT <– MAN-AGE-MENT.

Definition. Management is: 1: the act or art of managing,  the conducting or supervising of something (as a business). 2: judicious use of means to accomplish an end. 3: the collective body of those who manage or direct an enterprise.

Managing <– man-age <– mane-ag-ing. Definition of manage is: transitive verb: 1: to handle or direct with a degree of skill: as a : to make and keep compliant, b: to treat with care. c: to exercise executive, administrative, and supervisory direction of. 2: to work upon or try to alter for a purpose 3: to succeed in accomplishing, to direct the professional career of. intransitive verb: 1 a: to direct or carry on business or affairs; also : to direct a baseball team, b : to admit of being carried on. 2: to achieve one’s purpose

Management also means:
1.The organization and coordination of the activities of a business in order to achieve defined objectives.Management is often included as a factor of production along with machines, materials, and money. According to the management guru Peter Drucker (1909-2005), the basic task of management includes both marketing and innovation. Practice of modern management originates from the 16th century study of low-efficiency and failures of certain enterprises, conducted by the English statesman Sir Thomas More (1478-1535). Management consists of the interlocking functions of creating corporate policy and organizing, planning, controlling, and directing an organization’s resources in order to achieve the objectives of that policy.
2.The directors and managers who have the power and responsibility to make decisions and oversee an enterprise.The size of management can range from one person in a small organization to hundreds or thousands of managers in multinational companies. In large organizations, the board of directors defines the policy which is then carried out by the chief executive officer, or CEO. Some people agree that in order to evaluate a company’s current and future worth, the most important factors are the quality andexperience of the managers.
Read more: http://www.businessdictionary.com/definition/management.html#ixzz29HwDnFd1

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s