Wealth Management


‘Wealth Management’
adalah jasa profesional yang berisi kombinasi nasihat keuangan/investasi, jasa akuntansi/perpajakan, dan perencanaan legal/estate dengan suatu fee tertentu. Menurut Investopedia, secara umum, wealth management lebih dari sekadar nasihat investasi, karena hal itu bisa melintas semua aspek kehidupan keuangan seseorang.
‘Personal Finance’
adalah semua keputusan keuangan dari kegiatan-kegiatan perorangan, mencakup penganggaran, asuransi, tabungan, investasi, kredit, KPR dan sebagainya. Di dalamnya, perencanaan keuangan umumnya mencakup analisis posisi keuangan sekarang dan prediksi kebutuhan-kebutuhan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Menurut Investopedia, personal finance melihat bagaimana uang dan masa depan dikelola. Seringnya, orang [khususnya di Indonesia kelas menengah, mulai] mencari nasihat dari perencana keuangan, namun penggunaan software atau websites juga merupakan pilihan. Personal finance mungkin mencakup pemantauan belanja dan anggaran untuk dana kecemasan (darurat), sert pengaturan pembayaran utang.

Untuk Indonesia, istilah personal finance yang individualis, kiranya lebih cocok diterjemahkan menjadi keuangan rumah tangga, sebab unit terkecil pengaturan keuangan lazimnya adalah rumah tangga.

Prinsip-prinsip Personal Finance

•1 Bekerjalah, dan berfokuslah pada cita-cita
•2 Dahulukan menabung sebagai cicilan untuk mencapai cita-cita. “Sisa” tabungan untuk konsumsi-perlu. Tidak cukup?  Bekerjalah lebih cerdas!
•3 Tanam atau investasikan tabungan yang belum terpakai. Pilih  produk investasi sesuai dengan kesempatan dan tujuan. 
•4 Amankan, berjaga-jagalah untuk keadaan tak terduga

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s