Forestry


Hutan merupakan suatu sistem yang pada suatu waktu tertentu merupakan sistem utama penunjang kehidupan masyarakat. Kehidupan masyarakat dalam sistem kehutanan  dilakukan dengan meramu atau mengumpulkan hasil dari hutan untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang dan papan. Karena kepentingannya, hutan yang dijaga secara alami agar lestari.  Hasil alam untuk pangan, sandang dan papan diambil dari hutan dengan menjaga kelestarian alaminya.

Sampai pada suatu ketika budi daya diterapkan secara salah, yaitu memanen hutan dilakukan dengan membabat bohon dan membongkar tanah. Pembabatan hutan sebagai suatu cara “memanen” hutan jelas merupakan penyalahgunaan hutan. Bubuh diri, menyembelih angsa bertelor emas.

Hutan merupakan suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan (UU No 41/1999 Pasal 1 Ayat b). Hutan bagi Bangsa Indonesia disikapi sebagai karunia dan amanah Tuhan Yang Maha Esa yang dianugerahkan kepada Bangsa Indonesia, dan diperlakukan sebagai kekayaan yang dikuasai oleh Negara, untuk memberikan manfaat serbaguna bagi umat manusia,  diurus, dan dimanfaatkan secara optimal, serta dijaga kelestariannya untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, bagi generasi sekarang maupun generasi mendatang.

Sistem pengurusan yang bersangkut paut dengan hutan, kawasan hutan, dan hasil hutan diselenggarakan secara terpadu yang disebut sebagai kehutanan. Kehutanan dalam hal ini berurusan dengan kawasan hutan, yakni wilayah tertentu yang ditunjuk dan ditetapkan oleh Pemerintah untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap. Penunjukan kawasan hutan dilakukan untuk menjaga kelestarian keberadaan dan fungsi-fungsinya. Tanpa penunjukan sebagai kawasan, suatu ekosistem alami berupa hutan boleh dikonversi menjadi penggunaan lain.

Hutan dikelasifikasi menjadi bermacam-macam, antara lain hutan negara, hutan hak, hutan adat, hutan produksi, hutan lindung, hutan konservasi, dan lain-lain. Hutan negara adalah hutan yang berada pada tanah yang tidak dibebani hak atas tanah. Sedangkan hutan hak adalah hutan yang berada pada tanah yang dibebani hak atas tanah.  Hutan adat adalah hutan negara yang berada dalam wilayah masyarakat hukum adat. Hutan produksi adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok memproduksi hasil hutan.  Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah. Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.

Hutan merupakan kekayaan yang dikuasai oleh Negara, dan diharapkan memberikan manfaat serbaguna bagi umat manusia. Keberadaan hutan dipandang wajib diurus dan dimanfaatkan secara optimal, serta dijaga kelestariannya untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, bagi generasi sekarang maupun generasi mendatang.  Penguasaan hutan oleh Negara diatur dengan Undang-undang No 41/1999 tentang Kehutanan sebagai pengganti Undang-undang No 5/1967 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kehutanan.   Dewasa ini, UU No 41/1999 telah diperbarui dengan UU No 19/2004 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan menjadi Undang-undang.  Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan tidak mengatur kelangsungan perizinan atau perjanjian pertambangan yang telah ada sebelum berlakunya Undang-undang tersebut, sehingga dapat menimbulkan ketidakpastian hukum dalam berusaha di bidang pertambangan yang di kawasan hutan terutama bagi investor yang telah memiliki izin atau perjanjian sebelum berlakunya Undang-undang  tersebut. Namun pengaturan penguasaan hutan oleh negara secara umum masih menggunakan UU No 41/1999 tentang Kehutanan tersebut.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s