Sunar Budi

Home » Budi » PEKERTI » Finance » Intermediary Finance » Banking

Banking


Bank merupakan lembaga keuangan yang tergolong tua. Anehnya kalau kita mencari teori yang menjelaskan keberadaanya, sebelum beberapa dekade terakhir, tidak akan ketemu. Dalam ilmu keuangan, bank disebut hanya sebagai perantara keuangan, selesai. Dasar teori yang menopang keberadaanya nihil.  Bandingkan dengan reksadana yang jauh lebih muda, yang ditopang teori portfolio. Teori apa menopang keberadaan bank? Malah ketemunya “existence of banking is redundant” (Arrow-Debreu, 1954 dalam Freixas-Rochet, 1997, 2008). Nah, lo!

Nanti kita bahas.

1. Apa itu Bank dan Mengapa Ada?

2. Model Pasar Keuangan

3. Paradigma Informasi Asimetris

4.

Sementara mampir ke sini dulu.

Pembahasan mengenai Manajemen Lembaga Keuangan (MLK) merupakan perluasan dari Manajemen Perbankan. Pokok-pokok bahasan terkait dengan  fungsi keperantaraan keuangan (financial intermediary) oleh bank maupun lembaga keuangan bukan bank, meliputi sistem dan kelembagaan, produk, kinerja, manajemen risiko dan perangkat lindung nilai lembaga keuangan.

Pokok bahasan pertama mengenai sistem dan lembaga keuangan. Naskah pegangan (hand out) untuk pembahasan pokok ini dapat dilihat dan diunduh dari arsip financial-system-and-institution yang sudah saya unggahkan (upload).  Pokok bahasan kedua mengenai sistem usaha dan sistem operasi perbankan dapat dilihat dan diunduh dari arsip depository-institution. Sebelum lebih lanjut membahas kinerja lembaga keuangan, pembahassan mengenai produk-produk lembaga keuangan didahulukan, meliputi produk dana dan investasi (Produk2 LK), serta produk dana lain seperti kartu plastik, valas, reksadana, dll. Contoh penghitungan kredit terlampir di di sini.

Pokok bahasan selanjutnya, kinerja keuangan, meliputi laporan lembaga keuangan, ukuran-ukuran kesehatan dan keamanan usaha, serta kecukupan modal.

bahan untuk pembahasan selanjutnya mengenai lembaga keuangan bukan bank dapat diunduh mencakup insurance-companyinvestment-bank-and-securities company, financial company dan venture-capital-company yang juga sudah saya unggahkan.

Pokok bahasan berikutnya adalah  manajemen-risiko-lembaga-keuangan atau versi baru pegangannya Risiko-risiko Lembaga Keuangan.

Perangkat lindung nilai meliputi kontrak bertangguh (forward), kontrak berjangka (future), opsi dan swap dapat diunduh di arsip hedging .

Naskah lain berkenaan dengan manajemen lembaga keuangan bagi yang ingin mempelajari secara mandiri dapat diunduh di diversifikasi,

ingat: belajar menggunakan buku akan lebih baik;

dan menggunakan buku untuk belajar, akan lebih baik lagi …

Semangat belajar!

Kisi-kisi atau pokok-pokok uji tengah semester dapat dibaca di sini: Kisi2 MLK 2010.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: