Suku Bunga Negatif?

Dalam upaya untuk mencoba memompa lebih banyak uang kembali ke perekonomian Inggris, Bank of England telah mengangkat sebuah konsep suku bunga negatif. Ini merupakan bagian dari tawaran untuk meningkatkan pinjaman di sektor riil. Mervyn KingPaul Tucker, deputi gubernur untuk stabilitas keuangan Bank of England, mengatakan itu adalah salah satu ide yang telah ia pertimbangkan untuk mencoba untuk mendorong uang kas keluar dan masuk dalam perekonomian riil. Pelambatan ekonomi riil adalah masalah bersama Inggris serta sejumlah negara di kawasan Euro yang lebih luas.  Berbicara kepada Treasury Select Committee (TSC), Mr Tucker mengatakan: “Saya harap kami akan berpikir tentang apakah ada kendala untuk menetapkan suku bunga yang negatif.” Ini adalah ide saya telah saya angkat. Ini akan menjadi hal yang luar biasa untuk dilakukan dan perlu dipikirkan sangat hati-hati”.

Suku bunga negatif adalah fenomena yang langka meskipun tidak sepenuhnya asing. Beberapa bank sentral telah bereksperimen dengan suku bunga negatif dalam beberapa tahun terakhir – terutama Denmark dan Sweden. Teori di balik suku negatif mencoba untuk mendorong bank-bank komersial untuk meninggalkan lebih sedikit uang kas di bank sentral dan meminjamkannya kepada bisnis. Dewasa ini bank sentral membayar tingkat bunga sebesar 0,5% pada deposito bank-bank Inggris. Dengan membalikkan suku bunga, misalnya tingkat bunga adalah -0.5%, berarti bank-bank komersial harus membayar Bank of England 0,5% (per tahun) untuk deposito yang disimpan di bank sentral.

Sejauh ini, konsep suku bunga negatif tidak memberikan daya tarik yang dibutuhkan untuk mewujudkannya, sehingga ditolak oleh gubernur Bank of England, Mervyn king.  Namun, dengan mengangkat konsep demikian ke forum publik telah menggarisbawahi betapa serius Bank of England melihat kurang terjaminnya ketersediaan kredit dalam perekonomian.

Sumber: Negative interest rates suggested by Bank of England

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s