Ngopi dan beragama

NGOPI DULU
NGOPI DULU (Photo credit: bocah.info)

Agama didefinisikan sebagai seperangkat keyakinan mengenai penyebab, sifat, dan tujuan alam semesta, terutama ketika alam semesta dianggap sebagai ciptaan dzat atau dzat-dzat super. Agama biasanya melibatkan ibadah devosional dan ritual, serta mengandung ajaran moral yang mengatur urusan perilaku manusia. 1] Agama berarti juga suatu berkas keyakinan pokok tertentu dan praktik secara umum yang disepakati oleh sejumlah orang atau sekte; juga badan yang mengikuti suatu ajaran tertentu dari kepercayaan dan praktek ; atau praktek keyakinan agama dengan memperhatikan ritual iman.

Ngopi apakah memenuhi syarat sebagai “agama”? Orang kebanyakan ngopi didasarkan atas iman terhadap nikmat tertentu yang cenderung supranatural. Pahit tapi enak. Perkara ritual, jelas; ngopi yang beradab memiliki ritual yang diikuti banyak penganut iman kepada kopi.  Untuk menghasilkan nikmat ngopi, syarat dan ketentuan nyeduh kopi harus dipatuhi.  Antara lain menggunakan air “wedang”: panas dalam beberapa saat setelah mendidih. Ritual nyeduh kopi pun harus dilakukan secara tertib, atau urut runut, dengan jumlah ulangan disarankan tertentu.  Yang suka menambahkan gula, urutan yang disunahkan juga tertentu. Teknik meminumnya pun tertentu, misalnya lebih orgasmic di-“sruput”  daripada ditenggak.

Penyebab, sifat dan tujuan “diturunkan”-nya kopi bagi segenap manusia juga bersifat ilahiah; lebih banyak kita tidak tahu, tetapi dapat merasakannya – entah riil atau tidak. Kalau pun kita tahu, bukantah tidak jauh dari “cocokologi” untuk menjelaskannya? Rumah ibadahnya, ada?  Buanyaak. Warung-warung kopi, atau kopitiam, dimana-mana, di pucuk-pucuk desa sampai lembah-lembah kota. Yang tiga-ribuan sampai tiga-puluh-ribuan.

Jadi ngopi tak beda dengan beragama?

Wallahu a’lam.

Bukit Cimanggu, Januari 2013.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s