Home » agribusiness » Agriculture Value Added

Agriculture Value Added


Agriculture value added and % of GDP

Arti nilai tambah beragam, berbeda-beda dalam bidang yang tak sama. Dalam bisnis, nilai tambah adalah perbedaan antara harga jual dan biaya produksi sehingga identik dengan laba. Dalam ekonomi mikro, nilai tambah adalah jumlah dari laba, biaya penyusutan, dan biaya tenaga kerja. Dalam ekonomi makro, nilai tambah merujuk pada kontribusi faktor-faktor produksi, yaitu, modal (tanah, barang modal dan uang) serta tenaga kerja untuk meningkatkan nilai suatu produk, dan (dengan cara pandang lain) akan sesuai dengan pendapatan yang diterima oleh para pemilik faktor. Nilai tambah nasional disumbang oleh peran modal dan tenaga kerja (sebagai faktor produksi), dan sebaliknya juga menunjukkan distribusi pendapatan.

Agriculture Value Added

Nilai tambah yang dihasilkan oleh suatu negara atau suatu sektor, lazim dipakai sebagai salah satu indikator produktivitas dan implisit juga kemakmuran masyarakat dalam negara atau sektor itu. Nilai tambah pertanian, misalnya, dimaknai sebagai sumbangan modal dan tenaga kerja pertanian terhadap produksi nasional, dan sekaligus juga distribusi ekonomi atas pendapatan sektor itu.  Dengan pengertian itu, sepintas tampak bahwa makin tinggi nilai tambah ekonomi suatu sektor atau suatu negara, makin tinggi sumbangannya terhadap perekonomian dan dengan demikian makin baik kemakmurannya. Apakah memang demikian? Mari kita tinjau sumbangan nilai tambah pertanian dunia dan beberapa negara sebagai ilustrasi (Gambar di samping).

Sumber: World Development Indicators

Pertanian (agriculture) sesuai dengan kelasifikasi ISIC 1-5 dan mencakup kehutanan, perburuan, dan perikanan, serta budidaya tanaman dan produksi ternak. Nilai tambah pertanian dalam hal ini adalah output bersih dari pertanian sektor setelah diperhitungkan semua output dan dikurangi input antara pembentuknya. Dengan perhitungan tanpa deduksi (pemotongan) untuk depresiasi aset dan deplesi (penipisan) dan degradasi (kerusakan) sumber daya alam, gambarannya menunjukkan bahwa nilai tambah pertanian berbagai negara berbeda-beda, dan beberapa contoh menunjukkan lebih tinggi dibanding total dunia. Nigeria (Afrika) memperoleh nilai tambah pertanian relatif tinggi dibanding beberapa negara contoh di Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Thailand) dan  Amerika Lain (Brazil, Chile). Semua contoh negara ini memperoleh nilai tambah pertanian lebih tinggi daripada rerata dunia.

Apakah tingginya nilai tambah pertanian menunjukkan kuatnya perekonomian dan besarnya kemakmuran negara itu, atau pertanian di negara itu? Tampaknya tidak demikian; dan malah cenderung sebaliknya (DISCLAIMER: untuk memastikan diperlukan pengujian lebih lanjut). Lebih masuk akal untuk menduga bahwa tingginya nilai tambah pertanian justru cenderung menunjukkan rendahnya kemajuan dan kecilnya kemakmuran suatu negara atau pun sektor pertanian di negara itu.  Chile dan Brazil yang ekonomi dan pertaniannya secara kasar lebih maju dari wakil contoh Asia Tenggara dan Afrika, memperoleh sumbangan nilai tambah pertanian lebih kecil.  Nigeria, yang diperkirakan terlemah diantara contoh-contoh itu, mendapat sumbangan nilai tambah tertinggi. Khusus dalam contoh Asia Tenggara, Indonesia memperoleh sumbangan nilai tambah pertanian relatif lebih tinggi  daripada Thailand dan Malaysia.  Tak pelak, dapat diduga bahwa perekonomian dan pertanian Indonesia kalah dari kedua negara contoh lain Asia Tenggara itu.

Jadi, kesimpulan sementara, nilai tambah pertanian tidak mencerminkan tingginya, justru sebaliknya, rendahnya perkembangan ekonomi dan lemahnya kemajuan kemakmuran negara dan sektor pertanian di negara itu. Apa implikasi kebijakan yang dapat diambil dan penelitian yang perlu dilakukan selanjutnya?   Mari mikir dulu… :)

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,034 other followers

%d bloggers like this: